Thursday, 11 May 2017

Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Deputi Bidang Pelayanan Publik Lakukan Evaluasi Tentang Pelayanan Publik Polres Bitung

Kasat Intelkam Polres Bitung Saat Menerima Tim Elevator Deputi Bidang Pelayanan Publik

Humas Polres Bitung - Tim dari Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Deputi Bidang Pelayanan Publik Jakarta yang diketaui oleh Yusuf Kurniawan. SH, MH, M.Si bersama anggota Muhamat Fachri. SE didampingi Kabag Organisasi Dra. Aneke Tumbelaka, MAP dan Kabag Pengembangan Kinerja dan Pelayanan Publik Pemkot Bitung Donal Bunaen, SH melaksanakan evaluasi tentang pelayanan publik di kantor Polres Bitung yang diterima oleh Kapolres Bitung AKBP. Philemon Ginting, SIK. MH didampingi Wakapolres Bitung Kompol. Suharman Sanusi. SIK, Kasat Intelkam Polres Bitung AKP. Decky Pangandaheng. S.Sos, Kasat Lantas Polres Bitung AKP. Welly Posumah, Rabu (10/5/2017) pukul 09.00 wita.

Kasat Lantas Polres Bitung Saat Menerima Tim Elevator Deputi Bidang Pelayanan Publik

Adapun komponen - komponen penilaian tentang pelayanan publik Polres Bitung, dari hasil evaluasi dan pengamatan oleh tim elevator yang diketahui Yusuf Kurniawan. SH, MH, M.Si itu antara lain :

1. Kebijakan pelayanan 

Pelayanan SKCK satuan fungsi Intelkam Polres Bitung sudah menyusun standar pelayanan tersendiri dan sudah menyusun laporan hasil SKM, berbeda dengan pelayanan SIM satuan fungsi Lalulintas Polres Bitung masih berupa SOP. Ke-2 unit pelayanan masyarakat milik Polres Bitung ini telah membuat maklumat pelayanan dan siap menerima sanksi sesuai dengan peraturan perundang-undangan yang berlaku.
                                                   
Untuk hasil survei kepuasan masyarakat atas pelayanan yang telah diberikan oleh petugas Polres Bitung meski sudah dilaksanakan disetiap tamu / pengunjung yang datang di sepanjang tahun namun belum di dapat publikasikan. 

2. Profesionalisme sumber daya manusia 

Sebagian besar personil Polres Bitung sudah mengikuti pelatihan kompetensi tingkat dasar untuk menjalankan fungsi pelayanan serta memiliki budaya, prilaku dan kode etik pelayanan yang baik sesuai dengan peraturan Kapolri dan dalam mendorong semangat kinerja dari para personil Polres Bitung diberikan reward sertifkasi lewat program Employee Of The Month.

3. Sarana dan prasarana

Di ruang depan kantor Polres Bitung para tamu / pengunjung disediakan minuman gratis dan dilayani petugas yang akan mengarahkan para / tamu pengunjung ke unit - unit pelayanan sesuai dengan kebutuhan layanan. Untuk sarana dan prasarana penunjang lain nya di kantor Polres Bitung tersedia toko yang menjual alat tulis kantor dan mesin foto copy, tempat ibadah dan kantin yang tidak jauh dari ruang pelayanan, toilet di tiap ruangan pelayanan serta halaman parkir kendaraan yang cukup luas.

Selain itu Kantor Polres Bitung memiliki ruang tunggu bernuansa santai layaknya cafe berada di unit pelayanan SKCK yang dilengkapi dengan ruang bermain anak serta di ruangan khusus laktasi begitu sejuk dengan adanya pendingin ruangan.
                                           
Meski belum tersedianya ramp. akses masuk bagi tamu / pengunjung yang menggunakan kursi roda namun di kantor Polres Bitung sudah menyediakan personil dari bagian urusan kesehatan yang khusus melayani para tamu / pengunjung yang memiliki kebutuhan khusus.

4. Sistem informasi pelayanan publik

Dari sistem informasi elektronik Polres Bitung memiliki lamam tribratanewsresortbitung.blogspot.co.id yang menginformasikan kepada masyarakat tentang profil Polres Bitung dan kegiatan - kegiatan tugas Kepolisian yang sudah dilaksanakan.

Sedangkan sistem informasi non elektronik di area kantor Polres Bitung tersedia poster - poster informasi yang lengkap tentang bentuk dan jenis pelayanan serta untuk pemutahiran data dilakukan oleh petugas / admin minimal sekali dalam seminggu.

5. Konsultasi dan pengaduan : 

Polres Bitung menyediakan ruangan khusus atau ruang konseling untuk pengaduan masyarakat atas pelayanan yang diberikan oleh petugas yang juga dilengkapi dengan alur / tahapan pengaduan.

Selain itu masyarakat dapat memberikan pengaduannya lewat kotak pengaduan yang tersedia di unit - unit kerja satuan serta pengaduan masyarakat bisa diberikan lewat media eletronik berupa email, media sosial facebook dan twitter.

6. Inovasi

Polres Bitung memiliki inovasi pelayanan SIM secara online yang dapat diakses oleh masyarakat di www.ditlantaspoldasulut.com, warong jujur di ruang tunggu pelayanan SKCK, serta program Panic Buttom (Tombol Panik) yang terintegrasi dengan aplikasi mobile one-beat milik Pemerintah kota Bitung yang secara keseluruhan inovasi - inovasi Polres Bitung itu sudah mulai dilaksanakan tahun 2017 ini.

Kapolres Bitung AKBP. Philemon Ginting, SIK, MH menjelaskan bahwa dengan adanya kedatangan tim dari Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Deputi Bidang Pelayanan Publik dapat menjadi bahan evaluasi dalam rangka peningkatan pelayanan kepada masyarakat.

No comments:

Post a Comment